Strategi Bertahan Demi Meraih Sukses Bisnis Online

Memahami Masa Penentuan Kondisi Pasar

Strategi Bertahan Demi Meraih Sukses Bisnis Online - "Dalam damai siapkan diri untuk perang, Saat perang siapkan diri untuk damai", kalimat hebat dari Sun Tzu.

Apa hubungan perang damai dengan bisnis online?.

sukses bisnis onlineBerkaitan dengan urusan perang di atas, maka pasti dapat dikaitkan dengan korban perang.

Apa hubungan korban perang dengan bisnis online?.

Sedangkan untuk memenangkan perang, dibutuhkan sumber daya dan strategi perang.

Apa hubungan strategi perang dengan bisnis online?.

Perbedaan perang damai beneran dengan perang damai dalam bisnis, terletak pada periode waktu peperangan.

Kalau dalam perang beneran, begitu damai maka seluruh kegiatan perang harus dihentikan dan selesai.




Bisnis Saat Krisis Ekonomi

Namun kalau dalam bisnis saat perang dan saat damai, sangat ditentukan oleh produk dan kondisi pasar, dan masa berlangsungnya tidak ada kata akhir, hingga sebuah bisnis dinyatakan bangkrut, maka selesailah dan pemilik bisnis dipaksa keluar dari peperangan.

Peperangan dalam bisnis dipastikan untuk memenangkan persaingan, untuk meraih kemenangan dibutuhkan strategi bersaing dan strategi bertahan, dan perbedaan strategi bisnis online atau offline, terletak pada penerapannya saja.

Kembali pada persoalan saat perang dan saat damai dalam bisnis, sangat ditentukan oleh produk dan kondisi pasar.

Produk adalah materi objek bisnis, sedangkan kondisi pasar bisa dibedakan pada saat musim ramai (peak season) dan musim krisis (low season).

Ada jenis produk yang nggak ada matinya baik saat peak season maupun low season, misal rokok dan kebutuhan pokok.

Produk yang sangat tergantung saat peak season, seperti beberapa produk jenis fashion, membutuhkan fleksibilitas strategi bisnis, bagaimana menerapkan strategi perang saat peak season, dan bagaimana menerapkan strategi bertahan saat low season, bisnis bisa babak belur bila terus asyik menyerang, dan melupakan pertahanan.

Dalam tahun kalender, bisa disimak beberapa masa musim ramai (peak season), seperti pada saat masa puasa, lebaran, tahun baru, natalan, gong xi fa chai, pilkada, pemilu, masa penerimaan murid atau mahasiswa baru, masa menghadapi ujian nasional, penerimaan CPNS, pertandingan sepak bola dunia atau tinju kelas berat, macam-macam gelar acara olah raga di berbagai tingkatan, seperti PON, Sea Games, Olimpiade, ALL England, MotoGP, dan lain sebagainya atau boleh dan bisa dibilang saat peak season identik dengan masa-masa terjadi liburan panjang, walaupun tidak semuanya pada masa libur.

Strategi perangnya bisa jadi beberapa waktu sebelum hari H (Day D) atau saat berlangsung peperangan, sumber daya berupa stok barang dibuat sebanyak-banyaknya.

Sedangkan pada saat sudah masuk masa peperangan, maka bisa jadi pekerjaan team sales atau marketing yang sedikit berkurang, bisa diperbantukan ke berbagai lini peperangan, seperti di pelayanan pelanggan, atau ke unit distribusi.



Baca : Bisnis Online Ratusan Juta Rupiah Sebagai Penerjemah Bahasa Asing

Strategi Bertahan Menghadapi Masa Paceklik

Masa paceklik bisa diartikan masa krisis, disini tingkatannya bisa krisis hanya pada produk tertentu, misal bisnis kain sarung setelah masa lebaran, atau lebih ekstrim lagi masa krisis di semua lini bisnis, misal daya beli masyarakat menurun, gejolak mata uang, krisis ekonomi, krisis global.

Kalau saat peak season ada fase agresif, maka masa paceklik inilah berlaku fase defensif dalam bisnis, pada masa ini sangat diperlukan kemampuan tahan banting, dan memiliki strategi bertahan serta tidak panik.

Banyak yang mengatakan masa krisis, sebagai masa konsolidasi perusahaan.

Pelaku usaha diharapkan sudah memiliki keberdayaan pada saat menjalankan strategi bertahan.

Pada masa paceklik dengan kategori krisis global, memang masa sangat berat bagi semua pengusaha.

Hal utama strategi bertahan pada masa konsolidasi perusahaan adalah masa instropeksi memperbaiki perihal tata kelola bisnis yang mungkin perlu dibenahi, sambil memanfaatkan waktu paceklik bisnis.

Kegiatan dialihkan dengan melihat kondisi peralatan perang dan kesiapan pasukan, seperti melakukan upaya mengurangi overhead, berupa restrukturisasi hutang, restrukturisasi perusahaan, memberikan pengertian kepada karyawan tentang kondisi krisis dan sementara waktu dilakukan pengurangan fasilitas kerja, dan lain lain.

Membenahi peralatan perang dan meningkatkan kesiapan pasukan pada masa konsolidasi perusahaan, memang menguras biaya, namun bila hal ini sudah diperhitungkan matang sebelum terjadi krisis, maka bisnis usaha dan perusahaan bisa terselamatkan dari bencana krisis, disamping kemampuan daya tahan makin meningkat.

Perihal kesiapan pasukan pada masa konsolidasi perusahaan, bisa diupayakan dengan meningkatkan kapasitas tim kerja, misal meningkatkan skill tim penjualan, tim keuangan, tim pelayanan pelanggan, melakukan upgrade sistem IT, melakukan penelitian dan pengembangan produk, memperbaiki sambil merapikan SOP di semua lini usaha, meninjau memperbaiki sistem inventory pergudangan, melakukan evaluasi terhadap beberapa produk, membuat segmentasi pelanggan, memperbaiki strategi branding, positioning, teknik pemasaran, dan lain lain.

Dalam masa krisis ekonomi dipastikan akan terjadi seleksi alam, bisnis atau perusahaan yang memiliki strategi bertahan sebagai prosedur antisipasi menghadapi masa krisis, dipastikan pada saat badai krisis berlalu, maka bisnis atau perusahaan tersebut diperkirakan tetap mampu melanjutkan kehidupan usaha, bahkan mampu memiliki kesiapan tim pasukan hebat yang siap terjun kapan saja, dimana saja.

Intinya pada masa konsolidasi perusahaan maka semua tim harus terus bergerak maju.

Jika dikaitkan dengan strategi Sun Tzu, maka semua harus siap di masa "damai", hingga ketika nanti masa "perang" sesungguhnya, bisa meraih kemenangan.

Lain kali jangan habiskan kesuksesan kita ya.. Sisakan untuk di masa perang... Dengan berpikir kreatif melaksanakan strategi bertahan demi meraih sukses bisnis online.

Baca : Kondisi Krisis Ekonomi Bukan Malapetaka.

Semoga bermanfaat.

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk

Cara Membangun Bisnis Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk Bagaimana perusahaan besar melakukan analisis peluang bisnis di s...

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blogumore.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner