Membangun "Personal Branding" Di Media Sosial

Membangun "Personal Branding" di Media Sosial - Kemampuan internet menjelajah ke seluruh sisi kehidupan, terutama blogs social media yang didukung sarana perangkat canggih hampir merata di semua tingkatan masyarakat, sehingga sulit dipungkiri bahwa sarana media sosial, kini telah mengambil alih peran baru sebagai ajang area pribadi tempat melakukan promosi merek diri (personal branding).

branding dan marketing
Pergeseran jaman tanpa disadari telah terjadi pada lima tahun terakhir, seperti cerita para orang tua dulu, bahwa "Anakku, ...kelak ada jaman, dimana dirimu berada, maka dirimu dan sekitarmu mirip seperti tempat perawatan orang sakit jiwa".

Kini, bagaimana Anda saat berada di keramaian, saat mudah menemukan orang tertawa sendiri, bicara sendiri, senyam senyum sendiri.

Apakah Anda merasakan bahwa sebenarnya sekitar Anda, kalau pada jaman dulu - hal itu hanya terjadi di tempat perawatan orang sakit jiwa.

Tidak banyak yang menyadari bahwa jaman kamera saku hampir benar-benar akan tamat, menyusul tamatnya era jaman telegram.

Kehadiran ponsel dengan kecanggihan SMS telah menenggelamkan peran strategis alat canggih yang bernama telegram, dan kini ponsel mengancam alat canggih lain, yakni kamera saku.

Era jaman foto selfie (Episodes of Selfie) tengah melanda sebagian besar penduduk bumi.

Pada belahan bumi lain, tatkala Anda menggunakan ponsel untuk foto selfie dan mengirimkannya ke belahan bumi lain, saat ini hal itu sangat mudah dilakukan.

Kalau dulu melakukan potret satu kali saja, persiapan yang harus dilakukan bisa seharian, maka kini Anda bisa bebas foto selfie, sampai Anda kehabisan gaya.

Fenomena peran pigura foto diri dan keluarga, kalau dulu hanya bisa ditemukan di sudut ruang tamu, ruang makan, atau kamar tidur pribadi.

Hampir semua foto kegiatan keluarga, kalau dulu hanya bisa ditemukan pada rak album foto, atau sebagian kecil menggunakan pigura di tempel di dinding sudut bagian rumah.

Kini hampir semua peran itu tanpa disadari - telah diambil alih oleh media sosial internet (blogs social media).

Kalau dulu watak kepribadian diri hanya diketahui keluarga dan beberapa rekan, kini kegiatan kontroversial Anda bisa diketahui dunia dalam waktu singkat.

Jika kontroversial Anda baik, maka dunia menilai Anda baik, demikian pula sebaliknya, dan jangan heran jika muncul berita bias opini tidak menyenangkan, karena tidak sesuai kenyataan.

Tambahan kata kontroversial dapat diartikan memiliki faktor kejut (caching eyes), menarik perhatian berbagai kalangan, karena jika tanpa faktor kontroversial, maka segala hal tentang Anda, hanya menjadi tumpukan data base diantara ribuan milyar record data diri semua penduduk bumi ini.

Apakah media sosial hanya memiliki peran menggantikan pigura dan album foto rumah?, aha...itu dia ...Mengapa tidak kita ambil manfaat positif dari kecanggihan media sosial.

Anda tahu, kini media sosial sebagai tempat bertemu hampir semua penduduk bumi. Cari nenek teman SD Anda saja, bisa.

Masak cari bos perusahaan terkenal, tidak bisa.

Namun Anda harus tetap menjaga kesantunan bersosialisasi dunia internet, seperti layaknya bertemu normal di dunia nyata.

Artinya jangan merendahkan martabat kehormatan Anda di area media sosial.



Sekilas Sejarah Media Sosial

Apakah ada yang masih ingat Friendster?. Sekitar tahun 2002 friendster menjadi raja sosial media, namun kelahirannya saat itu belum ada dukungan perangkat canggih ponsel.

Sebelumnya ada SixDegree dan Classmates, dengan peran menonjol dari GeoCities sebagai web hosting. GeoCities menjadi tonggak awal muncul dan berkembangnya website.

Selain SixDegree dan Classmates, yang mengambil jalur bisnis sosial media, terdapat nama website Blogger, yang menyediakan fasilitas untuk membuat halaman website pribadi.

Saat itu Friendster menjadi sosial media paling dominan dan fenomenal.

Setelahnya bermunculan berbagai sosial media dengan karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.

Wajah halaman media sosial Friendster dulu

halaman media sosial friendster dulu

Wajah halaman media sosial friendster kini

halaman media sosial friendster kini

Artinya sama seperti telegram. Friendster telah terkubur seleksi alam. Saat ini dunia media sosial didominasi oleh facebook, twitter, google+, linkedin, dan banyak lagi.

Baca : Strategi Bertahan Demi Meraih Sukses Bisnis Online

Bagaimana Merek Diri Anda Secara Online (How to Brand Yourself Online)?

Bagaimana Anda bisa memperoleh manfaat nilai tambah dari kehadiran media sosial?.

Sesuai sebutan nama sebagai media sosial, maka Anda seperti layaknya berada di tempat berkumpul banyak kerabat, disana Anda tampil sebagai seseorang yang ingin memperoleh "pengakuan" keberadaan Anda di tempat berkumpul tersebut.

Demikian pula pada media sosial di internet, bahwa "pengakuan" keberadaan Anda, merupakan representasi Anda terhadap lingkungan, disana Anda membutuhkan bentuk jati diri sebagai ciri identitas, dan sebutan populer untuk membentuk identitas jati diri di internet, dikenal sebagai Personal Branding.





Pengertian istilah personal branding, adalah posisi peran kehidupan jati diri seseorang, berkaitan dengan identitas pribadi seseorang, seperti latar belakang pendidikan, karir dan jabatan.

Nah ...personal branding itu bisa lebih luas cakupan areanya, terkait tanda pengenal seseorang terhadap dunianya. (sesuatu tentang hobby kegemaran, tentang kegiatan, tentang komunitas, dan lain lain).

Manfaat personal branding adalah pengenalan diri kepada siapapun yang menemukan halaman identitas seseorang pada media sosial.

Branding dan Marketing

Bagaimana merek diri Anda secara online (how to brand Yourself online)?. Dibawah ini disampaikan referensi cara melakukan personal branding.

Melakukan reposisi merek diri untuk mengambil manfaat positif bagi kepentingan diri sendiri, keluarga dan pekerjaan.

Manfaat positif media sosial bisa mengarah pada reposisi merek diri pada kehidupan sosial Anda (Branding dan Marketing).

"Menjual diri" dalam arti positif untuk memegang peran berbagai kepentingan Anda, menyangkut siapa Anda, karir pekerjaan Anda, posisi peran kehidupan sosial Anda.

Jika Nama Anda adalah Andi, dan punya bisnis tentang batik, maka lakukan upaya personal branding, agar apabila seseorang ketik "Andi" atau ketik "Batik" di search engine, yang muncul di urutan atas halaman pertama hasil penelusuran search engine result page (google, yahoo, bing), adalah daftar jaringan media sosial Anda dengan informasi lengkap bisnis Batik Anda.

Silahkan melakukan reposisi merek diri atau personal branding di media sosial.

Bagaimana awal memulainya?, berikut ini semoga bisa mendorong munculnya inspirasi tentang - Siapa sebenarnya Anda?.

Hobi dan Keahlian

Anda tentu memiliki banyak skill, kemampuan diri, kelebihan yang hanya Anda yang mengetahuinya.

Namun diantara semua itu, tentukan hal yang membuat Anda sebagai "yang terbaik", dan memiliki "nilai beda" dari yang lain.

Maka cobalah mengurai contoh perihal diri Anda, dengan cara bertanya pada diri sendiri dan menerima jawaban jujur tentang diri Anda.

Intinya adalah Aku ingin menjadi "sesuatu" seperti yang kuinginkan, aku ingin dikenal dunia sebagai "sesuatu" itu, dan inilah "Aku" yang sebenarnya.

*     Apakah ada "satu hal" tentangku, yang kuterima dari semua yang mengenaliku.

*     Apakah ada "satu hal", yang menarik minat gairahku, khususnya enam bulan atau satu tahun terakhir?.

*     Apakah ada "satu hal" di media sosial online, yang sering kupilih menjadi tempat menghabiskan banyak waktu luangku?.


Dari referensi jawaban jujur Anda, selanjutnya lakukan penelitian tentang topik materi "tentang Anda" tersebut, di beberapa media sosial (facebook, twitter, google+, linkedin, bloglovin, instagram, pinterest dan lain-lain):

*     Seberapa besar minat ketertarikan orang lain, terhadap hal yang sama dengan Anda.

*     Berapa banyak orang lain telah melakukan personal branding tentang hal itu.

*     Jika ternyata ada orang lain, selanjutnya lakukan sedikit penelitian tentang mereka (ambil 3 orang teratas) - Apakah terdapat kekurangan pada merek diri orang-orang itu?, disitulah peluang Anda untuk mengisinya.

Perlu diingat, bahwa tujuan melakukan personal branding, adalah sebagai media promosi diri, agar pihak lain tertarik tentang Anda, tertarik bergabung, tertarik mengajak, tertarik bersama, jadi pilihlah materi promosi diri dengan cara bijaksana, karena semua itu tentang Anda, tentang tujuan Anda, agar memperoleh nilai tambah manfaat positif dari kecanggihan peran media sosial.

Perbaiki dan Rapikan Informasi Profil Anda

Seperti merek produk terkenal, konsistensi adalah kunci.

Mulailah dengan melakukan memperbaiki profil media sosial Anda.

Apakah informasi tentang nama Anda, semuanya sama di semua jaringan media sosial?.

Jika saat melakukan penelitian terhadap nama pesaing, ternyata tidak memiliki konsistensi, maka Anda dapat mengambil kesempatan ini, karena dengan semakin mudah ditemukan oleh search engine, akan meningkatkan peringkat SERP Anda, dalam proses pencarian tunggal tentang nama Anda.

Peringkat SERP (Search Engine Results Page), adalah peringkat pengakuan search engine terhadap suatu object pencarian.

Sebagai ilustrasi, silahkan coba - ketikan nama Anda di kotak pencarian search engine, bagaimana hasilnya?.

Apakah nama Anda menempati urutan teratas halaman pertama?, seberapa banyak halaman yang menampilkan identitas tentang Anda?, atau justru yang tampil adalah nama orang lain?.

Inilah salah satu manfaat personal branding.

Salah satu parameter keberhasilan personal branding adalah apabila nama Anda sudah tercantum dalam object populer pencarian, artinya baru Anda ketik 2 atau 4 huruf, ternyata nama Anda sudah tercantum di kotak pencarian. (contoh : coba ketikan joko, maka sudah muncul daftar kalimat dibawahnya dengan awalan jokowi berikut dengan parameter lain yang populer melekat pada nama itu).

Selain identitas nama Anda, point penting lain adalah latar belakang (background) halaman website media sosial Anda.

Seperti tamu saat masuk rumah Anda, maka informasi visual rumah, adalah kesan pertama tamu tersebut tentang Anda.

Perbaiki konsistensi latar belakang halaman web situs Anda pada semua media sosial, tampilkan sebaik mungkin tentang Anda kepada dunia.

Jika Anda berbisnis batik, tampilkan karakter batik kesukaan favorit Anda.

Para remaja yang memiliki hobi acara cosplay (meme kartun Jepang), tampilkan figur favorit Anda.

Jika Anda penggemar otomotif, photografi, fashion, sport, wisata, apa saja, maka tampilkan Anda agar dikenal dunia.

Konsistensi artinya bukan satu latar belakang untuk penghias ruang media sosial Anda.

Konsistensi adalah kreatifitas cerdas menampilkan topik menarik, dan enak dilihatnya.

Anda secara periodik bisa merubah tata letak, namun tetap konsisten tentang hobi kegemaran, tentang bisnis, tentang tujuan Anda.

Tujuan konsistensi penampilan profil Anda, agar audiens Anda tidak bosan.

Misalnya, mengubah bahasa antara Facebook dan Twitter posting menyertakan hashtag populer di Twitter!.

Baca : Branding Artikel Bisnis Online

Lakukan Posting Periodik Konten Anda

Materi artikel posting adalah komponen utama personal branding.

Semakin sering mengirim posting konten Anda, semakin banyak hasil manfaat tentang "pengakuan" keberadaan Anda.

Komponen utama memiliki dua mata fungsi terhadap Anda.

Apabila konsistensi materi posting Anda untuk media publik, tetap terus terjaga dan memiliki daya tarik, maka "pengakuan" terhadap materi tersebut semakin meningkatkan peringkat Anda.

Misal Anda bakat hobi tentang fashion.

Anda konsisten tiap rabu dan sabtu pagi melepas materi berkaitan fashion ke publik, upayakan materi tampil menarik perhatian.

Bergabung forum komunitas yang memiliki konten sama, untuk menjangkau lebih banyak orang lain.

Sangat penting untuk membuat target audiens, yang memiliki ketertarikan terhadap topik konten Anda, hal ini semakin meningkatkan peringkat personal branding Anda, jadi coba hal berikut ini:

*     Penuhi sekeliling diri Anda dengan para pribadi orang sukses yang Anda kenal lewat media sosial, sebagai upaya memberikan tambahan nilai kepercayaan publik kepada Anda.

Manfaatnya adalah meningkatnya influencer di media sosial Anda. (untuk upaya keamanan, jika Anda tertarik untuk mengenal seseorang di facebook, atau twitter, selidiki dulu identitasnya di media sosial linkedin atau sebaliknya).

*     Temukan mentor, dan upayakan komunikasi dua arah misal dengan meminta saran. . Intinya berikan sebanyak yang Anda bisa.

*     Terutama di jaringan media sosial seperti LinkedIn dan Google+, Anda akan menemukan postingan kelompok konten yang sesuai konten Anda, ambil manfaatnya untuk menjangkau influencer lain, dan mendorong tumbuh materi konten Anda.

*     Buatlah diri Anda selalu tersedia untuk teman-teman dan komunitas Anda.

*     Bergabung dalam percakapan. Terlibat dalam diskusi, seputar topik konten Anda dengan konsisten.

Memantau Inbox Email Anda dan Membalas Cepat

Kebenaran survey menyatakan 53% pengguna yang melakukan tweet personal branding, mengharapkan respon kurang dari satu jam.

Untuk membantu melacak pemberitahuan, silahkan memanfaatkan fasilitas media sosial.

Setiap platform media sosial akan mengirimkan pemberitahuan via email, dan banyak lagi jalan atau cara untuk menerima mereka.

Masih banyak teknik cara membangun personal branding Anda di media sosial, dan ambil manfaat kecanggihan media sosial sebagai salah satu strategi teknik pemasaran bisnis Anda.

Kesimpulan

Siapa diri Anda?, Apa tujuan personal branding Anda?, Ambil manfaat positif dari kecanggihan hebat pengaruh media sosial, seperti mencari teman, mencari relasi bisnis, membangun karir, membangun bisnis, membangun komunitas.

Untuk itu semua, maka usahakan dan segera lakukan.
Jika Nama Anda adalah Andi, dan punya bisnis tentang batik, maka lakukan upaya personal branding, agar apabila seseorang ketik "Andi" atau ketik "Batik" di search engine, yang muncul di urutan atas halaman pertama hasil penelusuran search engine (google, yahoo, bing), adalah daftar jaringan media sosial Anda dengan informasi lengkap bisnis Batik Anda.
Bagi pengalaman Anda dengan kami melalui kolom komentar.

Kembali ke : Daftar Isi Blog Teknik Dan Strategi Pemasaran

Membangun "Personal Branding" di Media Sosial
Semoga bermanfaat.

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk

Cara Membangun Bisnis Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk Bagaimana perusahaan besar melakukan analisis peluang bisnis di s...

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blogumore.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner