Perilaku Konsumen

Strategi Pemasaran Produk

Salah satu strategi pemasaran produk, adalah mengamati dan mempelajari perilaku konsumen untuk dijadikan pedoman pelaku bisnis, agar dapat memenuhi semua kebutuhan selera karakter konsumen yang berbeda-beda.

Sebuah produk dipasarkan tentu telah melewati kajian tentang target pasar yang menjadi sasaran tujuan pelaksanaan atau realisasi dari sebuah strategi pemasaran produk.

Target pasar sasaran diyakini telah ditentukan, "bagaimana menghadapi karakter perilaku konsumen terhadap produk tersebut?".

perilaku konsumenSecara garis besar telah disinggung pada judul posting usaha kreatif pemasaran produk, didalamnya disinggung tentang perencanaan strategi pemasaran produk.

Perencanaan strategi pemasaran berupa kepada siapa blog website dibuat, selanjutnya bagaimana mencapai target sasaran berupa peningkatan traffic kunjungan, serta bagaimana memilih produk agar pengunjung blog website tertarik untuk melakukan transaksi jual beli online.

Kekuatan pengaruh internet telah banyak diketahui melalui video kekuatan internet yang tersedia pada halaman bawah blog website ini.

Kehadiran internet ternyata juga telah mampu membuka lapangan kerja terbaru.

Akibat dampak fasilitas kecanggihan internet, terbukti mampu membentuk karakter baru konsumen dalam berbelanja secara online.

Perubahan karakter konsumen dari perilaku belanja offline, ternyata telah mampu beradaptasi dengan baik dalam aktivitas belanja online.

Cara cerdas dalam menentukan target sasaran agar memiliki manfaat berupa terjadinya transaksi jual beli online, maka harus mampu mengenali jenis karakter pengunjung dunia online, dan mampu menyediakan fasilitas informasi sebagai media pemuas kebutuhan mereka.

Dengan cara cerdas mengenali karakter konsumen dunia online, harapan manfaat pekerjaan blogging bisa segera dapat terwujud.



Beberapa jenis karakter konsumen dunia online, yang harus mampu kita sediakan, adalah :

Karakter konsumen pencari (seeker)

Bisa dikatakan juga sebagai jenis karakter konsumen surveyor, karena karakter konsumen jenis ini akan membandingkan satu produk di beberapa toko online.

Tujuannya adalah mendapatkan harga lebih murah dan produk lebih menarik.

Untuk menjaring karakter konsumen jenis ini, bisa Anda lakukan dengan cara memainkan Search Engine Optimization (SEO), agar toko online Anda muncul di halaman pertama Google dan mudah ditemukan oleh beragam karakter konsumen pencari.

Karakter konsumen periset

Mirip karakter konsumen pencari, hanya saja konsumen jenis ini lebih rinci dalam memilih menemukan spesifikasi produk yang akan dibelinya.

Karakter konsumen ini termasuk jenis konsumen yang gemar membaca spesifikasi suatu produk secara detil sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Untuk menemukan karakter konsumen jenis ini, maka Anda harus bisa menampilkan informasi spesifikasi dan keterangan selengkap mungkin terhadap produk yang Anda jual secara online.

Karakter konsumen pemburu diskon

Konsumen sangat senang dengan potongan harga atau diskon, hampir semua karakter konsumen tentu menyukai harga lebih murah.

Namun karakter konsumen jenis ini, dasar keputusan untuk membeli produk, adalah adanya diskon, mereka benar-benar pemburu diskon dan barang promo dibawah harga normal.

Biasanya karakter konsumen jenis ini tidak begitu mempedulikan kualitas produk, asal bisa mendapatkan harga lebih murah, maka prosentase terjadinya kemungkinan melakukan transaksi jual beli, sangatlah besar.

Baca : Konsep Pemasaran Dan Perilaku Konsumen

Sementara untuk mengenali karakter perilaku konsumen secara keseluruhan (dunia online dan dunia konvensional), diperinci lagi menjadi seperti ini :

Pola pikir jangka pendek

Pola pikir adalah hal dasar seseorang dalam membuat keputusan.

Pengambilan keputusan memberi pengaruh jangka panjang maupun jangka pendek.

Pola pikir jangka pendek hanya memperhatikan manfaat dalam jangka waktu pendek saja.

Oleh karena itu, jenis produk-produk instan bisa mudah laku di pasar.

Tidak memiliki perencanaan

Sebagian besar karakter konsumen tidak memiliki perencanaan dalam berbelanja, seperti bentuk daftar belanjaan.

Daftar belanjaan bisa mengurangi pembelian tanpa direncanakan.

Oleh karena itu, karakter konsumen rata-rata sering melakukan pembelian produk tanpa direncanakan sebelumnya.

Cenderung berkelompok dan suka berkumpul

Saat berkumpul dan berkelompok timbul pembicaraan dengan efek words of mouth.

Efek words of mouth akan menimbulkan kemungkinan konsumen baru dari konsumen yang terpuaskan, sehingga menimbulkan repeat orders.

Tidak adaptif dengan teknologi baru

Tahun 2010, hasil survey dari Frontier menyatakan bahwa konsumen Indonesia kurang adaptif terhadap teknologi.

Fasilitas m-Banking dan Internet belum digunakan secara maksimal, padahal fasilitas tersebut sudah tersedia di dalam ponsel.

Fokus pada konten bukan konteks

Konten produk, adalah informasi yang tersedia pada media produk.

Konteks produk, adalah suatu uraian deskripsi atau keterangan pendukung kejelasan makna.

Karakter konsumen Indonesia lebih tertarik iklan berlatar media hiburan dibandingkan iklan dengan kesan ilmu pengetahuan.

Menyukai barang-barang produksi luar negeri

Gengsi menjadi salah satu alasan utama karakter konsumen menyukai produk luar negeri.

Ketertarikan masalah religious

Karakter konsumen Indonesia lebih sensitif terhadap iklan produk dengan latar belakang hari besar keagamaan.

Produk dan jasa semakin lebih banyak digemari, jika tayangan iklan pada hari raya keagamaan.

Suka pamer dan gengsi

Kecenderungan manusia adalah ingin dipuji.

Karakter konsumen yang ingin dipuji jika bisa membeli barang yang tidak bisa dibeli orang lain, terutama produk branded supaya dipuji dan sebagai prestise karena gengsi.

Produk budaya lokal

Globalisasi membuat karakter konsumen memiliki karakteristik tersendiri, namun jangan mengabaikan produk yang mengangkat budaya lokal.

Kepedulikan lingkungan

Karakter konsumen semakin sensitif dengan hubungan antara produk dengan masalah kepedulian terhadap lingkungan.

Perilaku konsumen bisa dipelajari sebagai media pemicu agar para produsen dan para pelaku bisnis pemasaran, mampu menemukan strategi pemasaran produk yang cocok dan mampu menampung semua kebutuhan yang bermanfaat bagi beragam perilaku konsumen diatas.

Semoga bermanfaat.

Kembali ke : Daftar Isi Blog Teknik Dan Strategi Pemasaran

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk

Cara Membangun Bisnis Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk Bagaimana perusahaan besar melakukan analisis peluang bisnis di s...

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blogumore.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner