Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk

Cara Membangun Bisnis

strategi teknik pemasaran

Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk

Bagaimana perusahaan besar melakukan analisis peluang bisnis di seluruh dunia?.

Cara membangun bisnis melalui tahapan mengukur peluang bisnis terlebih dahulu, agar pengambilan keputusan strategi bisnis dapat dikerjakan dengan baik.

Melakukan analisa peluang bisnis menghasilkan deret pekerjaan awal, seperti menemukan strategi teknik pemasaran, manajemen, sumber daya, hingga menemukan teknik strategi keuangan, sebelum memutuskan mulai masuk ke pasar.




Market Mapping / Mengukur Pasar

Melakukan pengumpulan data pesaing terkait bisnis usaha Anda.

Semakin banyak pesaing menggarap lahan bisnis sejenis, semakin jelas bahwa pasar sedang berkembang.

Namun sepi pemain bukan berarti tidak menarik, karena terbuka kesempatan menjadi perintis awal di peluang bisnis itu.

Selain data kompetitor, harus jelas informasi seberapa besar kebutuhan pasar (market share)tersedia, semakin banyak kebutuhan pasar terhadap produk Anda maka semakin bagus masa depan bisnis Anda, Namun jangan terjebak melakukan investasi jangka panjang terhadap peluang bisnis musiman.

Pilihan peluang bisnis harus berkelanjutan dalam jangka panjang.

Baca : Konsep Pemasaran dan Perilaku Konsumen

Analisis SWOT

*     Kekuatan dan kelemahan

Bila Anda sudah memiliki data kompetitor dan besaran market share peluang bisnis Anda, maka tahap pertama analisis swot adalah melakukan pemetaan kekuatan dan kelemahan produk Anda.

Temukan faktor pembeda produk Anda lebih baik dari produk yang beredar di pasar.

Menggarap peluang bisnis tidak boleh setengah hati, kompetitor Anda memiliki sejumlah strategi teknik penawaran keunggulan produk, dimana saat ini produk mereka terbaik dan disukai pasar.

Apakah produk Anda memiliki kekuatan keunikan menjadi ikon kelebihan dari produk pesaing?, agar mampu menjadi bintang pemain baru di pasar.

Apa kelemahan produk Anda?, agar Anda dapat segera memperbaiki titik lemah itu.

Jangan sampai lengah, karena apabila titik lemah diketahui kompetitor, maka mereka punya amunisi baru menjatuhkan produk Anda.

Namun, mengetahui kelemahan produk adalah upaya jujur kepada konsumen.

Cara membangun bisnis baru membutuhkan kualitas produk bagus, sekaligus memiliki perisai pelindung kelemahan produk tersebut.

Titik kekuatan produk bisa dalam bentuk keunggulan harga.

Apakah produk Anda bisa lebih murah?.

Masyarakat indonesia sangat tertarik isu harga, jika Anda mampu memberikan harga murah kualitas lebih baik, walaupun Anda pemain baru dipastikan pasar merapat ke  produk Anda.

Titik kekuatan produk bisa dari sisi ergonomis.

Apakah produk Anda menawarkan sesuatu lebih simple, lebih mudah, lebih gaya, lebih baik, lebih keren, lebih kuat, lebih lentur, lebih enak, lebih lembut dan kelebihan lainnya?.

Kelebihan produk sisi ergonomis dapat memberi pengaruh perilaku pasar.

*     Kesempatan Pengembangan Bisnis

Setelah kelemahan dan keunggulan mulai dapat Anda kendalikan, selanjutnya perhatikan apakah ada kesempatan pemasaran, pengembangan bisnis, dan kerjasama baru bisa terbuka untuk membesarkan atau memperluas daya jangkau penjualan Anda?.

Tentu kerjasama bertujuan menguntungkan semua pihak.

*     Ancaman Keberlangsungan Bisnis

Ancaman bisnis selalu Ada.

Bagaimana isu minyak babi menjatuhkan penjualan solaria resto dan ajinomoto.

Lion air diterpa isu pilot menggunakan narkoba, susu bayi mengandung bakteri dan masih banyak lagi.

Ancaman bisa berasal dari mana saja, pastikan Anda siap menghadapi ancaman.

Ancaman bisa dari kompetitor, dari kelalaian internal, bahkan dari kebijakan pemerintah.

Bagaimana bisnis sewa hotel menurun akibat peraturan baru pemerintah - melarang pegawai negeri melakukan meeting di hotel.

Kumpulkan data kemungkinan ancaman dan buat skenario penyelamatan bisnis usaha.



Baca : Teknik SEO Strategi Pemasaran Online

Cara Mempromosikan Produk

Bisnis penjualan aneka produk, tidak terlepas dari aktivitas cara pemasaran dan promosi lewat berbagai strategi teknik pemasaran agar tercapai target kesuksesan penjualan.

Pemasaran (menurut Wikipedia) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu memiliki maksud tujuan memberikan informasi mengenai barang atau jasa, berkaitan usaha memuaskan kebutuhan keinginan manusia.

Strategi Teknik Pemasaran Produk

Strategi teknik pemasaran dipengaruhi dua faktor penting, yaitu:

*     Faktor mikro, memiliki indikasi tentang informasi pelaku pemasaran, antara lain: perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat

*     Faktor makro, memiliki indikasi tentang informasi kondisi keadaan yang dapat mempengaruhi pemasaran, antara lain: demografi / ekonomi, politik / hukum, teknologi / fisik dan sosial / budaya.


Strategi teknik pemasaran dari sudut pandang penjual, antara lain:

*     Place - tempat usaha strategis.
*     Product - kuantitas dan kualitas barang.
*     Price - harga kompetitif.
*     Promotion - kegiatan cara mempromosikan produk barang.


Strategi teknik pemasaran dari sudut pandang konsumen, antara lain:

*     Customer needs and wants - Kebutuhan dan keinginan konsumen.
*     Cost to the customer - Biaya konsumen.
*     Convenience - Kenyamanan.
*     Communication - Komunikasi.

Cara Pemasaran Produk

Gegap gempita website menjadi tempat usaha strategis, berisi informasi tentang produk, harga, syarat ketentuan pelayanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya.

Strategi teknik pemasaran melakukan promosi online melalui website, harus tetap didukung nilai reputasi bisnis berupa lokasi alamat tempat usaha yang jelas, agar dapat memenuhi kebutuhan perasaan aman konsumen, disamping pelayanan prima berupa dukungan jalur distribusi barang sesuai kesepakatan, agar mampu memenuhi kebutuhan perasaan nyaman konsumen.

Bisnis cara mempromosikan produk melalui website, keberhasilannya sangat tergantung oleh nilai reputasi website di mata konsumen, tidak berlebihan apabila nilai reputasi website merupakan pertaruhan hidup mati bagi bisnis online, karena baik diperoleh dampak positif atau negatif sangat tergantung pada hasil perjuangan mengangkat dan mempertahankan reputasi.

Manfaat nilai reputasi tinggi di mata konsumen, akan memberikan dampak positif berupa pembahasan beberapa alasan mengapa cara pemasaran produk harus dilakukan secara offline dan online, antara lain:

*     Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, karena banyak konsumen tidak mau repot mencari.

Namun, ketika ingat reputasi website Anda, maka mereka akan mengakses website dengan cara langsung mengetikkan nama website, karena sebelumnya sudah menandai website Anda sebagai tempat favorit mereka.

*     Tidak semua calon konsumen biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine.

Namun, berkat nilai reputasi website Anda, banyak diantara calon konsumen itu, justru lebih nyaman bertanya kepada orang di sekitar mereka.

*     Persaingan kata kunci search engine mempersulit calon konsumen menemukan website Anda.

Namun, jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.

Hukum probabilitas pemasaran berlaku, semakin banyak konsumen mengenal reputasi website Anda melalui berbagai macam cara promosi, baik secara offline maupun online, maka semakin banyak konsumen serius berbelanja di website Anda.

Kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada.

Ungkapan ini cocok bagi Anda yang menempuh jalan melakukan berbagai macam promosi cara pemasaran produk websitenya.

Promosi

Promosi (menurut Wikipedia) adalah upaya memberitahukan atau menawarkan produk jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Dengan melakukan promosi, produsen atau distributor mengharapkan terjadi peningkatan angka penjualan.

Tujuan promosi, adalah sebagai berikut:

*     Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
*     Untuk mendapatkan peningkatan penjualan dan keuntungan.
*     Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen lama.
*     Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
*     Memberi informasi faktor pembeda dan keunggulan produk dibanding produk pesaing.
*     Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai tujuan bisnis.
*     Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Teknik Promosi

Harap mencantumkan alamat website, ketika memilih sebagian sesuai kebutuhan untuk melakukan kegiatan teknik promosi, dibawah ini:

*     Memasang iklan baris di koran.
*     Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).
*     Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkulakan.
*     Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
*     Mendatangi langsung konsumen potensial.
*     Melakukan promosi lewat surat (direct mail).
*     Menjadi pembicara di seminar dengan materi terkait bisnis.
*     Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
*     Membuat dan menjaga database konsumen ter-update lengkap kontak dan alamatnya.
*     Membangun citra perusahaan dengan kop surat menarik.
*     Merancang brosur informasi spesifikasi manfaat produk.
*     Mengembangkan cara pemesanan jarak jauh (delivery) seperti surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya.
*     Membuat tempat khusus pameran.
*     Merancang pemasaran jarak jauh (telemarketing).
*     Membuat logo sesuai citra perusahaan.
*     Menerbitkan bulletin berkaitan dengan bisnis, paling tidak 3 bulan sekali
*     Mencetak kalender dan membagikan sebagai souvenir atau bonus.
*     Membuat kampanye sosial berkaitan dengan bisnis.
*     Membuat dan membagikan stiker logo dan slogan perusahaan.
*     Membuat dan membagikan kaos logo dan nama perusahaan.
*     Menjajaki promosi dengan perusahaan lain bukan pesaing.
*     Memasang iklan di media cetak, seperti majalah, buletin, tabloid.
*     Memanfaatkan promosi bersama untuk menghemat biaya promosi.
*     Berkirim surat terimakasih pada konsumen.
*     Menjaga hubungan baik dengan konsumen dengan mengirim kartu ucapan.
*     Memasang profil perusahaan di berbagai media, sesuai kemampuan.
*     Menyewa agen periklanan atau humas (Public Relation).
*     Menyelenggarakan kontes sayembara bersifat promosi.
*     Menyelenggarakan seminar khusus membahas produk atau jasa perusahaan.
*     Menyelipkan brosur, katalog bahan promosi ke dalam tagihan konsumen.
*     Mencari calon konsumen pada acara pameran.
*     Mencari calon konsumen di perkumpulan komunitas terkait bisnis perusahaan.
*     Mencari calon konsumen pada acara seminar.
*     Mencari konsumen potensial di majalah atau koran.
*     Mengemas brosur, daftar harga, surat menyurat dalam tempat khusus konsumen.
*     Memasang papan penunjuk mengarah ke lokasi bisnis Anda.
*     Menyebarkan brosur di area parkir kendaraan.
*     Mencetak kalimat promosi pada kertas promosi atau amplop.
*     Memasang logo nama perusahaan pada kendaraan perusahaan.
*     Membuat daftar produk, lengkap dengan gambar.
*     Menyiapkan video profil perusahaan.
*     Menyiapkan proposal penawaran mengantisipasi kebutuhan konsumen.
*     Menyiapkan contoh produk gratis.
*     Menyediakan kesempatan calon konsumen melihat proses produksi.
*     Menjadi sponsor acara amal.
*     Menyebarkan kartu nama.
*     Membuat dan membagikan mug cinderamata.
*     Membuat topi hadiah.
*     Menerbangkan balon logo perusahaan pada acara tertentu.
*     Memasang iklan di media elektronik seperti radio dan televisi.
*     Pasang papan iklan reklame pada tempat strategis.

Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk
Semoga bermanfaat.

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk

Cara Membangun Bisnis Membangun Bisnis Dan Teknik Pemasaran Produk Bagaimana perusahaan besar melakukan analisis peluang bisnis di s...

BERLANGGANAN GRATIS

Silahkan masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blogumore.blogspot.com

Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui link aktivasi yang terkirim ke e-mail Anda

Delivered by FeedBurner